5 bangunan bersejarah di indonesia yang di hancurkan

Thursday 17 October 2013

Di Indonesia memang banyak sekali bangunan peninggalan  Belanda. banyak bangunan yang telah di hancurkan. diantaranya ini:

1. Benteng Vastenburg 

Benteng ini dibangun pada 1745 oleh Gubernur Jenderal Imhoff.  Oleh Hartomo, Walikota zaman Suharto, dijual ke pihak swasta dan akan dibangun hotel bintang 5.
Pengembalian benteng Vastenburg ke masyarakat Solo ini terus diperjuangkan oleh Jokowi semasa pemerintahannya, namun masalah hak milik s
angatlah rumit.

2. Pabrik Es Saripetojo 

 10 Bangunan Bersejarah di Indonesia yang Telah di Hancurkan Bangunan initidak  spesial. Bangunan inipun terus dipugar sehingga bentuk aslinya tak terlihat lagi.Pabrik es yang sudah berdiri sejak zaman Belanda  ini dirubuhkan atas perintah Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo. Rencananya mau dibikin supermarket. Hal itu memicu perseteruan dengan Walikota Solo saat itu,Jokowi yang tidakk setuju dengan penghancuran gedung bersejarah itu.
Namun apa daya, berkat kepiawaian gubernur Bibit yang luar biasa jeli dalam melihat potensi ekonomi, gedung bersejarah ini telah rata dengan tanah. Berita terbaru, akan dibangun hotel dan convention center yang diizinkan berdiri dengan catatan tetap menjaga bangunan2 kuno yang masih tersisa di areal bekas Saripetojo.

3. Gedung Societeit Harmonie

 10 Bangunan Bersejarah di Indonesia yang Telah di Hancurkan Tempat itu dikatakan Harmoni sebab di sana pernah berdiri gedung Societeit Harmonie. Gedung ini dulu terletak di ujung jalan Veteran dan Majapahit dan mulai dikerjakan sejak tahun 1776 oleh Gubernur Jenderal Reineir de Klerk kemudian dilanjutkan pembangunannya oleh Daendels *si kejam* dan Raffles hingga baru resmi dibuka pada 1868. Gedung ini menjadi tempat pesta para sosialita Belanda
Sayangnya bangunan bernilai historis tinggi ini dirubuhkan pada tahun 1985.  Buat membangun lapangan parkir Sekretariat Negara. Great, what a smart dumbass (kadang gue ampe jungkir balik mikirin ketololan petinggi negeri ini). 
4. Benteng Frederik Hendrik
  10 Bangunan Bersejarah di Indonesia yang Telah di Hancurkan
Benteng ini dibangun pada 1834 oleh Gubernur Jenderal van den Bosch. Benteng ini terletak di kawasan Taman Wilhemina dan terpaksa dirubuhkan untuk pembangunan Masjid Istiqlal. Well, kalo yang ini sih aku nggak begitu keberatan.

5. Taman Wilhemina
 10 Bangunan Bersejarah di Indonesia yang Telah di Hancurkan
Taman Wilhemina ini disebut-sebut sebagai taman paling  pada zamannya. Pada saat pembangunannya di abad ke-19, taman ini menjadi taman terluas dan terindah di Asia. Sayangnya, semenjak kemerdekaan taman ini menjadi terlantar dan akhirnya diputuskan untuk membangun Masjid Istiqlal di lokasi taman ini. Dahulu di taman ini terdapat Monumen Waterloo atau Atjeh Monument untuk memperingati para serdadu Belanda yang tewas selama perang Aceh. Taman yang dibangun oleh Daendels  ini uniknya terletak di dekat Kali Ciliwung (yang kala itu jernih) sehingga terdengar gemericik air yang menyegarkan kala berjalan-jalan di situ.

0 komentar:

Post a Comment